cybersecurity-sample
surveillance
Artikel

Cara Format SD Card pada Tapo

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat melakukan format SD Card pada Tapo,

yaitu Pemilihan SD Card yang tepat,

SD Card yang di rekomendasikan adalah SD Card yang memiliki Class 10 serta maksimal penyimpangan / storage adalah 128GB.

 

Langkah-langkah untuk melakukan format SD Card adalah:

1. Login terlebih dahulu ke akun anda:

 

2. Langkah kedua, klik tombol Setting / Gambar Gear seperti pada gambar di bawah ini:

 

3. Apabila gambar gear tsb telah di klik, maka akan muncul settingan pada kamera tsb:

 

4. Klik SD Card, lalu klik format:

 

5. Terakhir akan tampil seperti ini apabila berhasil format SD Card:

 

 

 


Cara Menghubungkan Applikasi Tapo Camera dengan Kamera Tapo

Download Applikasi "Tapo Camera" di smartphone anda. Setelah Download, buka applikasi tsb dan akan menampilkan tampilan seperti berikut ini:  

Selanjutnya, lakukan Sign Up untuk mendaftarkan email password anda Setelah melakukan Sign Up / Daftar akun, selanjutnya akan masuk ke menu seperti berikut ini:

Nyalakan Camera Tapo anda, dan ikuti instruksi seperti gambar dibawah ini:

Setelah terdeteksi, pilih Kamera Tapo sesuai dengan jenis kamera anda

Setelah memilih, hubungkan wifi kamera anda dengan perangkat Smartphone anda:

Maka, akan menghasilkan seperti berikut ini:

Playback TP Link Tapo C200 Melalui Aplikasi Tapo di Smartphone Android

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara playback rekaman TP Link Tapo C200 menggunakan aplikasi Tapo di smartphone Android.

Bagi yang belum install aplikasi Tapo maupun belum koneksikan kamera dengan smartphone bisa ikuti tutorial di artikel – artikel sebelumnya (link ada di akhir artikel ini).

PEMILIHAN SD CARD UNTUK TAPO

 

PEMILIHAN SD CARD UNTUK TAPO

SD Card yang dapat digunakan di Tapo C200, harus memiliki spesifikasi tertentu. Dengan maksimal 128GB, dan SD Card harus merupakan Class 10. Apabila dibawah Class 10, maka kami tidak menjamin SD Card itu dapat berfungsi pada perangkat Tapo C200.

Ada beberapa kejadian bahwa SD Card sudah disesuaikan dengan kompatibilitas list (dapat di lihat di link berikut: https://cctvforum.id/artikel/16-tp-link/155-sd-card-compability-for-tapo), namun ada beberapa kejadian yang membuat SD Card masih tidak dapat terbaca. Kita ambil contoh, yaitu SD Card dengan merk Sandisk. Brand tersebut beredar sangat banyak di pasaran, sehingga banyak juga SD Card Sandisk yang beredar tidak asli. Product yang tidak asli ini lah yang membuat SD Card tidak terbaca di Tapo C200.

Untuk sekedar info, untuk tipe sandisk hanya terdapat 3 tipe SD Card (sumber dari: sandisk.id/a1)

Selain 3 tipe beserta warna diatas, maka dapat di yakinkan bahwa SD Card itu tidak asli. Selain itu, SD Card Sandisk memiliki Life Time Warranty (sumber: https://shop.westerndigital.com/in-id/warranty). Dari SD Card itu belum di buka, sampai sudah dibuka dan dipakai selama bertahun-tahun, maka SD Card itu akan tetap garansi. Dari pihak Sandisk pun tetap melakukan garansi SD Card tersebut seumur hidup.

 

FAQ.

Bagaimana cara saya dapat membedakan SD Card Sandisk saya ini asli / palsu?

 

Answer: yang pertama dapat melihat dari warna SD Card yang dibeli, apakah sama dengan yang terdapat di website resmi Sandisk

Selain itu, dapat melihat dari belakang SD Card.

Tulisan pada SD Card asli ada ukiran dan bukan sablon. Tulisan nya pun berupa vertikal.

 

Berbeda dengan yang bukan asli

Tulisan pada SD Card merupakan sablon dan bukan ukiran.

 

Saran dari kami, apabila ingin menggunakan perangkat Tapo C200, dapat menggunakan SD Card yang dibeli di toko resmi dari merk SD Card tersebut. Apabila melakukan pembelian secara online, kita tidak dapat menjamin SD Card tersebut dapat digunakan.

 

 


SD Card Compability for Tapo

Beriku ini merupakan daftar SD Card yang dapat digunakan di seri Tapo C200 atau Tapo C100.

Brand Bus Type Rate Grade Capacity Kingston High-speed-bus Class 10 4GB Kingston High-speed-bus Class 4 16GB Kingston High-speed-bus Class 10 16GB Kingston High-speed-bus Class 10 64GB Kingston High-speed-bus Class 10 128GB Samsung High-speed-bus Class 4 4GB Samsung UHS-I U1 16GB Samsung High-speed-bus Class 6 16GB Samsung High-speed-bus Class 6 32GB Samsung High-speed-bus Class 10 128GB Transcend High-speed-bus Class 10 32GB Sandisk High-speed-bus Class 4 4GB Sandisk High-speed-bus Class 4 8GB Sandisk High-speed-bus Class 10 16GB Sandisk High-speed-bus Class 10 32GB Sandisk High-speed-bus Class 10 64GB Sandisk High-speed-bus Class 10 128GB Toshiba High-speed-bus Class 4 8GB

Page 1 of 2