cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision

Tips mengatasi Error "Failed to reset password. Device denied." pada saat reset password dengan SADP Tool Hikvision

Dalam melakukan reset password dengan SADP Tool kadang dijumpai pesan kesalahan (error message): Failed to reset password. Device Denied. Seperti gambar berikut ini:


Error semacam ini biasanya terjadi karena file XML Kadaluarsa atau XML tidak cocok. Solusinya ulangi proses export XML dan mintalah team teknis Hikvision untuk menggenerate XML baru untuk di import.

Berikut adalah beberapa penyebab file XML menjadi kadaluarsa:

Setelah proses export XML recorder (DVR atau NVR) dan atau IPCam dimatikan, Sangat penting untuk diperhatikan bahwa pada saat reset password jangan pernah mematikan recorder dan atau IPCam setelah proses export XML selesai dan diserahkan kepada team Technical Hkvision. System ganti tanggal. Jadi misalnya, anda melakukan export XML di tanggal hari ini, kemudian setelah diperikan file XML untuk diimport anda tidak segera melakukan proses import akan tetapi menunda hingga keesokan harinya. Hal ini dapat menyebabkan file XML menjadi kadaluarsa karena sistem sudah ganti tanggal. Solusinya ulangi proses export XML dan mintalah team teknis Hikvision untuk menggenerate XML baru untuk di import. XML tidak cocok. Jika anda baru saja melakukan export XML dan kemudian mengimportnya kembali ke sistem maka error seperti di atas akan muncul. Hal ini dikarenakan XML tersebut tidak seharusnya diimport kembali ke sistem melainkan harus diberikan kepada team teknis Hikvision untuk menggenerate XML baru untuk di import.

Tips mengatasi error The password cannot contain the user name pada saat reset password dengan SADP Tools

Tulisan kali ini akan mencoba membahas mengenai pesan kesalahan pada SADP Tool: The password cannot contain the user name yang cukup sering dihadapi pengguna terutama yang masih menggunakan password yang kurang aman menurut sistem. Coba perhatikan tampilan pesan kesalahan sebagai berikut:

 

 

Pesan kesalahan ini terjadi karena password yang digunakan mengandung kata nama pengguna. Agar dapat lebih dipahami, berikut adalah contoh password yang mengandung kata nama pengguna:

Username Password Penjelasan admin admin123 Perhatikan kata yang di garis bawahi baik username maupun password mengandung kata admin. Ini tidak valid menurut sistem dan akan mengakibatkan munculnya pesan kesalahan The password cannot contain the user name. admin administrAt0r Perhatikan kata yang di garis bawahi baik username maupun password mengandung kata admin. Ini tidak valid menurut sistem dan akan mengakibatkan munculnya pesan kesalahan The password cannot contain the user name. admin admin Perhatikan kata yang di garis bawahi baik username maupun password mengandung kata admin. Ini tidak valid menurut sistem dan akan mengakibatkan munculnya pesan kesalahan The password cannot contain the user name.

 

Berikut ini adalah beberapa panduan agar password yang dipilih dapat diterima sistem dan aman:
1. Pilihlah password yang tidak mengandung kata nama pengguna, seperti penjelasan di atas.
2. Panjang password berkisar antara 8 hingga 16 karakter.
3. Karakter pada password sekurang kurangnya mengandung angka, huruf kecil, huruf besar dan karakter special.
4. Tidak tergantung sepenuhnya pada substitusi yang jelas misalnya huruf o diganti 0, huruf i atau l diganti 1.
5. Bukan merupakan kata dalam bahasa tertentu.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh password yang lemah keamanannya dan mudah ditebak:

Password Penjelasan 123456 Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Panjang karakter kurang dari 8 karakter
- Terdiri hanya dari karakter urutan angka 123456789 Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Terdiri hanya dari karakter urutan angka qwerty Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Panjang karakter kurang dari 8 karakter
- Terdiri hanya dari karakter urutan huruf pada keyboard 111111 Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Panjang karakter kurang dari 8 karakter
- Terdiri hanya 1 karakter angka diulang 6 kali password Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Merupakan kata dalam bahasa inggris
- Hanya terdiri dari huruf kecil abc123 Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Panjang karakter kurang dari 8 karakter
- Hanya terdiri dari huruf kecil berurut dan angka berurut Password1 Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Merupakan kata dalam bahasa Inggris dan angka 123123 Password ini kurang aman (weak password) karena:
- Panjang karakter kurang dari 8 karakter
- Terdiri hanya dari karakter urutan angka yang di ulang


Dengan disajikan beberapa contoh seperti di atas diharapkan para pengguna bisa mengatasi pesan kesalahan  The password cannot contain the user name dan dapat membuat password yang mudah diingat, dapat diterima oleh sistem serta aman (strong password). Semoga tulisan ini bermanfaat.


Tips mengatasi error Failed to reset Password. Timeout saat reset password dengan SADP Tool

Suatu saat ketika pengguna lupa akan password untuk masuk ke recordernya maka pada saat itu juga perlu dilakukan reset password agar pengguna kembali dapat mengakses recordernya. Pada produk Hikvision reset password ini umum dilakukan dengan SADP Tool.

Dalam melakukan reset password dengan SADP Tool terkadang ditemui beberapa macam pesan kesalahan (error message). Pesan kesalahan (error message) tersebut perlu dipahami penyebabnya. Setelah penyebab diketahui maka dapat segera ditemukan cara mengatasi pesan kesalahan (error message) tersebut.

Pada tulisan kali ini akan dijelaskan mengenai tips mengatasi pesan kesalahan (error message) berikut ini: Failed to reset password. Timed out.



Pada umumnya pesan ini akan muncul ketika waktu tunggu SADP Tool untuk mendapat jawaban dari perangkat yang akan di reset passwordnya habis. Beberapa kemungkinan penyebab waktu tunggu habis adalah:

1. Koneksi jaringan terputus ketika proses reset berlangsung.
2. Koneksi jaringan tidak stabil ketika proses reset berlangsung.
3. Koneksi jaringan tercegat oleh router ketika proses reset berlangsung.

Pada saat awal menggunakan SADP Tool pasti pengguna sudah melakukan network scanning untuk mendapatkan perangkat yang akan di reset passwordnya. Nah 3 kemugkinan di atas pada umumnya terjadi setelah proses network scanning terjadi dan perangkat sebelumnya terdeteksi oleh SADP Tool namun ketika proses reset password dilakukan muncul pesan kesalahan (error message) tersebut.

Umumnya apabila terjadi hal demikian cobalah lakukan ping dari komputer ke IP device yang akan di reset untuk memastikan jaringan terkoneksi dan stabil. Pastikan tidak ada Request Timed Out. Periksalah time pada saat command ping dijalankan.Pada wired network (jaringan dengan kabel) pada umumnya <= 1ms. Pada wireless network (jaringan tanpa kabel) pada umumnya <10 ms. Jika time-nya lebih dari ini cobalah periksa jaringan anda mulai dari kabel (pada jaringan dengan kabel) atau wifi (pada jaringan tanpa kabel) hingga ke konfigurasi router (bila ada).

Dalam kondisi jaringan terkoneksi dengan stabil dan tidak tercegat oleh router maka pesan kesalahan Failed to reset password. Timed out. Tidak akan muncul. Mudah mudahan tulisan ini dapat membantu dalam mengatasi pesan kesalahan Failed to reset password. Timed out. Pada saat reset password dengan SADP Tool.





Page 1 of 11