cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision


Ketika akun Hik Connect tidak kompatibel dengan akun Ezviz

Sebuah kabar buruk bagi konsumen yang mempadu padankan produk Ezviz dengan produk Hikvision. Terutama sekali bagi konsumen yang mengkoneksikan IPCam Ezviz ke recorder (DVR dan NVR) Hikvision. Seringkali dijumpai konsumen membeli recorder Hikvision dan menginginkan kamera memiliki fitur audio, maka reseller kemudian menawarkan solusi kamera Ezviz yang mempunyai fitur audio untuk dikoneksikan ke recorder (DVR dan NVR) Hikvision. Tujuannya agar recorder hikvision dapat merekam kamera Ezviz. Untuk kebutuhan liveview biasanya reseller menggunakan app Hik Connect agar konsumen dapat mendengar percakapan dari kamera Ezviz tersebut. Solusi ini sebelumnya berjalan normal dan konsumen pun nyaman karena dapat menggunakan app Hik Connect unutk melihat dan mendengar dari kamera Ezviz disamping dapat memonitor semua liveview dari kamera Hikvision.

Lalu apakah kabar buruknya? Kabar buruknya adalah mulai 01 Agustus 2020 konsumen harus sudah memutuskan apakah akan menggunakan akun Ezviz atau menggunakan akun Hik Connect. Ini berarti bahwa ke depannya konsumen tidak lagi dapat menggunakan akun Hik Connect untuk login ke Ezviz ataupun sebaliknya. Pada perangkat Hikvision ataupun Ezviz jika konsumen baru baru ini melakukan upgrade firmware maka akan ditemui sejumlah hambatan untuk saling mengkoneksikan antara perangkat Hikvision dan Ezviz. Untuk menjaga agar kedua produk yang sebelumnya sudah bekerja normal dan dapat tetap bekerja maka untuk perangkat yang sudah berjalan tidak disarankan untuk upgrade firmware. Namun tuntutan upgrade firmware tidak dapat dihindari ketika salah satu device mengalami masalah.

Berikut ini adalah pernyataan yang akan muncul ketika konsumen login ke app Hik Connect versi terbaru pada smartphone:

Mudah mudahan tulisan ini dapat membantu para konsumen untuk membuat keputusan agar perangkat nya dapat berjalan dengan baik apabila menggunakan kedua brand tersebut di atas.



Ketika Hik-Connect dan teman teman nya menghilang dari PlayStore dan AppStore

Sejak tanggal 27 April 2020 hingga tulisan ini dibuat, Hik Connect sudah tidak lagi terdapat di Android PlayStore maupun Apple AppStore. Ager tetap dapat menggunakan Hik Connect dan tetap mendapatkan updatenya untuk sementara waktu hikvision menyediakan 2 buah link yaitu https://appstore.hikvision.com dan https://www.me-app.net/HikvisionAppStore.
 
Setelah membandingkan kedua link tersebut penilis berkesimpulan bahwa https://appstore.hikvision.com jauh lebih lengkap daripada https://www.me-app.net/HikvisionAppStore, setidaknya hingga tulisan ini dibuat. Berikut ini adalah tampilan layar dari masing masing situs tersebut:



Tampilan layar di atas diambil dari https://appstore.hikvision.com.


Tampilan layar di atas di ambil dari https://www.me-app.net/HikvisionAppStore.

Dari kedua tampilan di atas pengguna dapat menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan ketika hendak mendownload dan instalasi softwarenya. Secara default kedua situs di atas akan menampilkan link untuk pengguna android. Hal ini dapat dilihat pada sudut kiri atas layar kedua situs tersebut. Hal ini mempermudah mengguna android karena dapat langsung klik tombol download sesua dengan aplikasi yang ingin di download. Sedangkan pengguna iOS perlu klik tombol iOS untuk mendownload aplikasi kompatibel dengan iOS.
 
Untuk mendownload aplikasi dari kedua situs ini cukup membingungkan terutama bagi pengguna komputer. Hal ini karena ketika tombol download di tekan maka pengguna tidak serta merta diminta untuk menyimpan file melainkan disuguhkan QR code yang harus di scan untuk diterjemahkan menjadi link untuk dapat mendownload.
 
Bagi pengguna smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur atau software barcode scanner maka hal ini tidak akan menjadi kendala. Namun sayangnya tidak semua smartphone mempunyai fitur atau software barcode scanner ini, setidaknya jika tidak mencari di playstore dan menginstalasi secara swadaya.
 
Untuk membandingkan sekaligus menyediakan link (khusus untuk pengguna android saja) dalam bentuk text, penulis coba sajikan dalam tabel seperti dibawah ini:

 

Software URL di https://appstore.hikvision.com URL di https://www.me-app.net/HikvisionAppStore  01. Hik-Connect  https://appstore.hikvision.com/0yGe  https://appstore.hikvision.com/0yGe  02. Hik Central Mobile  https://appstore.hikvision.com/hW08  https://appstore.hikvision.com/hW08  03. Hik Central HD  https://appstore.hikvision.com/DDFs  https://appstore.hikvision.com/DDFs  04. iVMS-4500  https://appstore.hikvision.com/4tGD  https://appstore.hikvision.com/4tGD  05. HiLook Vision  https://appstore.hikvision.com/7voZ  https://appstore.hikvision.com/7voZ  06. HikCentral Master Mobile  https://appstore.hikvision.com/a315  Tidak Ada  07. iVMS-5260M  https://appstore.hikvision.com/LUMn  Tidak Ada  08. Hik Thermal  https://appstore.hikvision.com/thermal  Tidak Ada

 

 
Dari tabel di atas terlihat bahwa untuk software yang sama maka QR codenya juga akan sama dan mengarah ke link yang sama pula. Hingga tulisan ini dibuat, sangat disarankan untuk menggunakan situs https://appstore.hikvision.com karena sejauh ini app yang disediakan lebih lengkap.
Untuk mendownload dari komputer, link pada tabel di atas dapat digunakan. Cukup di paste di bagian address dari browser kemudian pengguna akan segera dibawa ke halaman untuk mendownload. Klik tombol install, maka pengguna akan segera dapat mendownload apk nya. Berikut adalah salah satu contohnya untuk mendownload hik connect. Perhatikan tombol install yang sudah ditandai dengan list merah pada gambar dibawah ini:


Demikianlah penjelasan ini dan mudah mudahan dapat menjadi manfaat untuk mendapatkan update app hikvision saat aplikasinya tidak tersedia di PlayStore maupun AppStore.


Page 1 of 10