Solusi untuk mengatasi error message No Resource pada NVR Hikvision

Pernah suatu kali penulis mendapatkan pertanyaan mengenai cara mengatasi no resource pada saat NVR nelakukan liveview beberapa channel, Namun apabila liveview dilakukan satu per satu setiap channel maka hal ini tidak terjadi, pesan kesalahan / error message tersebut tidak muncul. Nah pada tulisan kali ini penulis akan coba bahas mengenai solusi untuk hal ini. tampilan error message / pesan kesalahannya tampak seperti screenshot berikut ini:

 


 

A. Solusi bagi yang sudah membeli NVR dan IPCam Hikvision.
Ketika berhadapan dengan pertanyaan ini umumnya NVR dan IP Kamera sudah dibeli. Ada 2 solusi untuk kondisi semacam ini, tawarkan kembali ke pengguna / user, apakah memilih solusi economic atau solusi powerful. Masihg masih ada kelebihan dan kelemahannya dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna / user.

A1. Solusi economic.
Solusi economic cocok untuk pengguna / user dengan budget terbatas. Jadi bisa dibilang ini adalah solusi tanpa biaya budget pembelian produk lagi. Kelemahan solusi ini adalah resolusi yang didapat akan lebih rendah dari resolusi kamera yang seharusnya. Solusi ini dapat ditempuh dengan cara menurunkan resolusi kamera hingga sesuai dengan decoding capability NVR. Untuk menurunkan resolusi pengguna dapat meggunakan interface NVR ataupun dari webmin kamera. Pada contoh kali ini penulis akan menggunakan webmin kamera. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Gunakan web browser Internet Explorer login menggunakan IP address dari kamera IP. Setelah berhasil login kemudian
2. Masuk ke menu Configuration – Advanced Configuration – Video / Audio.
3. Kemudian pilih tab Video.
4. Pilihlah main stream atau substream disesuaikan dengan kebutuhan, kemudian turunkan resolusi nya sesuai k.emampuan recorder.
5. Tekan tombol save untuk simpan perubahan.

Panduan berupa gambar screenshot langkah langkah diatas dapat dilihat pada bagian bawah tulisan ini. Lakukan 5 langkah di atas pada setiap kamera yang mengalami pesan kesalahan seperti yang telah di jelaskan di atas.

 


 

A2. Solusi powerful
Solusi ini walaupun adalah solusi powerful namun tidak selalu sesuai dengan kebutuhan pengguna / user, terutapa bagi pengguna / user yang tidak ingin mengeluarkan budged lebih untuk pembelian produk. Solusi powerful hanya cocok bagi pengguna yang menginginkan performa yang bagus untuk setiap channel saat dilakukan liveview maupun recording. Solusi ini dapat ditempuh dengan cara mengganti recorder dengan memiliki kemampuan decoding capability yang lebih tinggi / atau lebih baik. Sebagai contoh perhatikan potongan screenshoot datasheet berikut ini:

 

 

B. Cara menghindari masalah ini bagi yang baru akan membeli IPCam dan NVR Hikvision.
Untuk menghindari pesan kesalahan di atas munul di kemudian hari, sebelum melakukan pembelian IPCam dan NVR, apabila anda adalah reseller tanyakan kepada penguna / user berapa channel yang harus tampil sekaligus pada resolusi kamera yang sebenarnya. Fitur ini dikenal dengan nama decoding capability yang umumnya terdapat pada datasheet NVR. Makin tinggi kemampuan ini tentunya akan makin mahal pula NVR nya.

Misalnya sesuai dengan kebutuhan pengguna / user dibutuhkan 4 channel tampil sekaligus bersamaan pada resolusi kamera 1080p, maka sebaiknya semua channel menggunakan kamera 1080p supaya ketika 4 channel tampil sesuai dengan resolusi pada kamera pesan kesalahan tersebut tidak muncul.

Nah bagaimana jika kebetulan NVR support resolusi 8MP  dan ada 1 channel yang resolusi kameranya 8MP. Dalam hal ini maka hanya 1 channel yang beresolusi 8MP tersebut boleh tampil pada satu waktu. Jika katakanlah kamera beresolusi 8MP tersebut tampil bersamaan dengan kamera 1080p maka pesan kesalahan tersebut dipastikan akan muncul karena sudah melampaui kemampuan decoding NVR.

Demikianlah penjelasan kali ini semoga dapat membantu para pembaca sekalian dalam mengatasi pesan kesalahan No Resource pada NVR.