cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision

Thermal Handheld: Solusi tepat bagi yang butuh cepat

Ada beberapa solusi dari produk Hikvison yang dapat digunakan untuk memindai suhu tubuh manusia, diantaranya yaitu: dengan Handheld Thermography Camera, dengan Thermal Camera jenis Bullet ataupun Turret, dengan Thermal Minmoe (solusi dengan akses control) dan lain sebagainya. Tulisan ini akan menjelaskan mengapa Handheld Thermography Camera tepat digunakan bagi yang butuh cepat dalam pengoperasiannya, dalam artian dengan segera dapat dioperasikan atau digunakan. Fokus pembahasan tulisan ini adalah tipe DS-2TP31B-3AUF dan DS-2TP21B-6AVF/W
 
1. Tidak membutuhkan instalasi sehingga dapat dengan segera digunakan.
Berbeda dengan kamera thermal jenis bullet ataupun turret yang agar dapat digunakan perlu dilakukan wiring kabel, instalasi dan konfigurasi yang lebih panjang, Handheld Thermography Camera tidak memerlukan instalasi karena dalam pengoperasiannya cukup digenggam dan dapat langsung dioperasikan. Namun demikian, jika dikehendaki Handheld Thermography Camera juga dapat diletakkan pada tripod. Tipe Tripod yang cocok adalah DS-2907ZJ.
 
2. Dapat dioperasikan fungsi pemindai demamnya setelah 5 menit di hidupkan.
Handheld Thermography Camera tidak membutuhkan waktu lama setelah dihidupkan untuk dapat segera dioperasikan fungsi pemindai demamnya. Operator hanya perlu menunggu selama 5 menit sejak dihidupkan maka Handheld Thermography Camera dapat segera digunakan untuk melakuakm pemindaian demam. Hal ini sungguh jauh berbeda dengan kamera thermal jenis bullet ataupun turret yang membutuhkan waktu hingga 30 menit.
 
3. Mendukung teknologi WIFI, alarm, dan tautan ke VMS (khusus DS-2TP21B-6AVF/W).
Kamera thermal pada umumnya menggunakan koneksi jaringan dengan kabel sehingga diperlukan instalasi yang lebih membutuhkan waktu. Handheld Thermography Camera DS-2TP21B-6AVF/W mendukung koneksi jarngan secara nirkabel (wireless) dengan demikian tidak diperlukan lagi instalasi kabel jaringan, cukup dengan mengkoneksikan ke jaringan wifi maka Handheld Thermography Camera DS-2TP21B-6AVF/W sudah dapat terhubung ke jaringan. Dengan terhubung ke jaringan maka DS-2TP21B-6AVF/W dapat fitur alarm dan tautan ke VMS dapat dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa fitur WIFI, alarm dan tautan ke VMS ini hanya ada pada Handheld Thermography Camera DS-2TP21B-6AVF/W. Handheld Thermography Camera DS-2TP31B-3AUF tidak memiliki fitur - fitur ini.
 
Untuk lebih jelasnya tabel berikut adalah perbedaan Handheld Thermography Camera DS-2TP21B-6AVF/W dengan Handheld Thermography Camera DS-2TP31B-3AUF.
 
Fitur DS-2TP21B-6AVF/W DS-2TP31B-3AUF
  Resolusi Thermal 160 x 120
  Akurasi ± 0.5 °C
  Rentang pengukuran
  suhu
30 – 40 °C
  Jarak Kinerja terbaik 1.5 m 1 m
  Lensa 6.2 mm 3.1 mm
  Ukuran Display 3.5” 2.4”
  Resolusi Optikal 8 MP Tanpa kanal optikal
  Bi-spectrum fusion Mendukung Tidak Mendukung
  WIFI Mendukung Tidak Mendukung
  Audio alarm Mendukung Tidak Mendukung
  SD Card Mendukung Tidak Mendukung
  Snapshot Manual
  Perekaman
  (Recording)
Manual / Otomatis dengan
IVMS 4200
Tidak Mendukung
  Koneksi ke
  IVMS-4200
Mendukung Tidak Mendukung
  Export dengan USB Mendukung
  Koneksi ke
  Blackbody
Mendukung Tidak Mendukung
  SD Card overwrite Tidak Mendukung
  External Display Mendukung Tidak Mendukung
  SDK Mendukung Tidak Mendukung
  ISAPI Mendukung Tidak Mendukung
  Baterai dapat dilepas 
  (removable)
Mendukung Tidak Mendukung
  Pengoperasian saat
  pengisian baterai
Mendukung
  Waktu
  pengisian baterai
Kondisi dimatikan 4 Jam,
Kondisi dioperasikan 4 Jam 30 menit
Kondisi dimatikan 3 Jam 50 menit,
Kondisi dioperasikan 4 Jam 45 menit
  Hik-Thermal Mendukung Tidak Mendukung
  Hik-Connect Mendukung Tidak Mendukung
  Ubah satuan suhu Mendukung
  Antarmuka
  pengisian  baterai
USB Tipe C Micro USB
 
Demikianlah penjelasan singkat ini mudah mudahan dapat bermanfaat, terutama dalam memilih Handheld Thermography Camera Hikvision yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.