cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision

Tips Mengatasi Pesan Kesalahan Reconnecting. Error Code HCNETSDK.dll[91] pada IVMS 4200

Dalam menggunakan IVMS 4200 terutama pada saat melakukan liveview terkadang dijumpai pesan kesalahan Reconnecting.Error Code HCNetSDK.dll[91] seperti pada gambar berikut ini:

Pesan kesalahan ini muncul biasanya ketika IVMS 4200 melakukan liveview beberapa kamera / channel sekaligus secara bersamaan. Namun jika kamera atau channel tersebut di liveview satu per satu (diperbesar) maka liveview dapat tampil dengan baik. Apakah karena masalah decoding capability? Awalnya penulis menduga demikian, namun setelah diselidiki lebih lanjut hal ini tidak ada hubungannya dengan decoding capability. Lalu apa penyebab pada umumnya? Tindakan apa yang harus dilakukan sebagai solusinya? Tulisan berikut ini akan menjelaskan penyebab yang umumnya terjadi serta tindakan yang perlu dicoba lakukan untuk mengatasi hal ini.

Pada umumya ada 2 solusi untuk masalah ini (penjelasan teknis sengaja ditempatkan di akhir tulisan ini agar pengguna teknis yang mengalami masalah ini dapat segera “take action”):
1. Solusi Ekonomis: Konfigurasi pada IVMS 4200.
2. Solusi Powerful: Kompatibilitas POE Switch.
Mari kita bahas satu per satu.

1. Konfigurasi pada IVMS 4200.

Solusi ekonomis adalah dengan mengubah sediki konfigurasi default pada IVMS 4200 dengan mematikan pengaturan Auto Change Stream Type.  IVMS 4200 yang digunakan dalam tulisan ini adalah v2.7.2.4 build 180806, jika menu yang dibahas dalam  tulisan ini tidak dapat ditemukan, sangat disarankan untuk download IVMS 4200 disini dan install ulang  IVMS  4200, agar versi IVMS  4200  yang digunakan sama  seperti yang digunakan dalam pembahasan tulisan ini.  Berikut adalah langkah langkah yang dapat diikuti :

1. Dari tampilan awal system menu masuk  berturut turut ke Tools - System Configuration.

 

2. Kemudian akan tampil jendela System Configuration, klik Image.

 

3. Pada menu Image pastikan pengaturan Play performance ada pada nila Balance dan uncheck (buang centang) opsi Auto Change Stream Type kemudian tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan.

 

4. Langkah terpenting untuk dilakukan selanjutnya adalah restart (muat ulang) software IVMS 4200 tersebut.

5. Periksa ulang posisi liveview ketika pesan kesalahan Reconnecting.Error Code HCNetSDK.dll[91] ini muncul. Seharusnya pesan kesalahan tersebut sudah tidak muncul lagi dan semua channel / kamera dapat tampil lancar.

6. Jika pesan kesalahan Reconnecting.Error Code HCNetSDK.dll[91] masih muncul dan perangkat yang digunakan adalah IP kamera dan POE switch, maka teruskanlah membaca ke pembahasan selanjutnya mengenai kompatibilitas POE switch.

2. Kompatibilitas POE Switch.

Jika kebetulan kamera yang digunakan adalah IP cam dan terkoneksi menggunakan POE Switch maka silahkan teruskan membaca mengenai kompatibilitas POE Switch ini dan ini adalah solusi powerfulnya. Akan tetapi jika kebetulan kamera yang digunakan adalah kamera HD (coaxial / analog) maka penjelasan ini boleh dilewatkan atau dibaca sebagai pengetahuan tambahan.

Bagi yang tidak mau repot dengan penjelasan hal teknis, yang perlu dilakukan adalah langsung saja cek datasheet cocokkan standard IPC dan POE switch yang digunakan. Perhatikan datasheet pada bagian seperti berikut ini:

 

Hal hal yang perlu di cek adalah:

1. Jika spesifikasi kamera menyebutkan perlu standard 802.3at atau 802.3af atau lainnya, maka POE switch yang digunakan juga harus mendukung standard tersebut. Pastikan informasi ini  cocok pada datasheet IP cam dan POE switch.

2. Pastikan power budged pada POE switch mampu mensupply seluruh kamera yang terhubung ke POE switch. Caranya tambahkan semua daya kamera yang terhubung ke POE Switch kemudian hasilnya cocok kan dengan datasheet pada POE switch tersebut. Disarankan total konsumsi daya kamera lebih kecil daripada power budged dari POE switch.

Nah sekarang kita bahas penjelasan teknisnya, apa yang terjadi sebenarnya dan mengapa kompatibilitas POE switch bisa menjadi kendalanya serta konfigurasi pada IVMS 4200 sebagai solusi ekonomisnya. Pesan kesalahan Reconnecting.Error Code HCNetSDK.dll[91] tersebut muncul sebagai indikasi bahwa daya listrik yang dipasok ke kamera tidak cukup untuk melakukan auto change stream type. Hal ini karena perubahan stream akan membutuhkan daya lebih. Umumnya ada 2 pendekatan cara yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini , seperti yang sudah di jelaskan langkah langkahnya diatas adalah

1. Solusi ekonomis dengan melakukan konfigurasi pada IVMS 4200 untuk mematikan auto change stream type sehingga stream type tidak berubah secara otomatis dan dengan demikian tidak ada extra daya listrik yang perlu diperhatikan agar pesan kesalahan Reconnecting.Error Code HCNetSDK.dll[91] ini akan muncul.

2. Solusi powerful adalah dengan mengganti POE switch yang memiliki power budged yang melebihi dari total konsumsi daya listrik semua kamera. Oleh karena itu pada bagian Hal hal yang perlu di cek disebutkan bahwa disarankan total konsumsi daya kamera lebih kecil daripada power budged dari POE switch. Hal ini untuk memastikan apabila kamera butuh daya lebih pada saat auto change stream type terjadi maka segera POE switch dapat memenuhi kebutuhan tersebut karena masih dalam batasan power budged POE switch.

Karena pada umumnya solusi ekonomis lebih disukai daripada solusi powerful karena alasan tertentu, maka pada tulisan ini dirancang khusus membahas dan menampilkan terlebih dahulu solusi ekonomisnya baru kemudian dilanjutkan solusi powerful. Dan agar pembaca teknis bisa langsung "action" maka sengaja diberikan dulu langkah teknis dan barulah di akhir tulisan dijabarkan penjelasan teknisnya. Mudah mudahan pembaca sekalian suka dengan susunan seperti ini. Akhir kata mudah mudahan tulisan ini bermanfaat.