cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision

Tips mengatasi pesan IVMS-4200.pkg cant be opened because it is from an unidentified developer pada Mac OS (Bagian 1: Security & Privacy)

Ketika seorang pengguna hendak melakukan instalasi IVMS-4200 pada Mac OS muncul pesan kesalahan “IVMS-4200.pkg” can’t  be opened because it is from unidentified developer seperti pada screenshot berikut ini:


Nah bagaimana pengguna dapat sukses melakukan instalasi IVMS4200 jika ditemukan pesan demikian? Artikel ini akan menjelaskan mengenai penyebab dan langkah langkah solusinya.

Pesan tersebut muncul dikarenakan Security & Privacy pada Mac OS di atur agar hanya aplikasi yang berasal dari developer yang sudah diidentifkkasi saja yang dapat di instalasikan pada Mac OS tersebut. Setting semacam ini biasanya adalah by default untuk alasan keamanan sistem Mac OS.

Namun dengan melakukan sedikit mengubah pengaturan pada Security & Privacy kita dapat menginstal aplikasi dari developer yang belum teridentifikasi. Pengguna dapat melakukan ini untuk aplikasi manapun yang mengalami hal serupa. Jadi artikel ini sebetulnya tidak terbatas pada IVMS 4200 saja. Berikut adalah langkah langkahnya:

1.  Cari dan kliklah icon System Preference pada dock di desktop Mac OS. Biasanya Dock terletak pada bagian tengah bawah layar desktop.


2. Pada window System Preference cari dan klik icon Security & Privacy.


3. Pada window Security & Privacy klik lambang lock ygn disampingnya ada tulisan Click the lock to make changes.


4. Setelah gambar Lock di klik sistem akan menanyakan username dan password untuk unlock Security & Privacy. Masukkan username, passwprd dan klik Unlock


5. Diasumsikan username dan password dimasukkan dengan benar maka opsi pada allow apps downloaded from tidak akan tampil grayed out (aktif dan dapat di klik untuk di pilih) seperti gambar di bawah. Pilih Anywhere pada opsi tersebut.


6. Kemudian akan muncul jendela konfirmasi Choosing “Anywhere” makes your Mac less secure. Yang artinya kurang lebih dengan memilih “Anywhere” akan membuat Mac anda kurang aman. Pastikan anda membaca dan memahami semua keterangan yang di tampilkan sebelum klik Allow From Anywhere.


Setelah anda melakukan 6 langkah di atas maka sekarang ulangi melakukan instalasi paket IVMS-4200. Pada umumnya aplikasi akan langsung berjalan dan melakukan instalasi hingga selesai. Demikianlah tutorial singkat ini semoga bermanfaat.